Selasa, 09 November 2021

HUBUNGAN HOUSEKEEPING DENGAN BAGIAN LAIN

 

Hubungan Housekeeping dengan Bagian Lain

 

           1.    Hubungan Housekeeping dengan Front Office.

Hubungan Housekeeping dengan Front Office dibagi menjadi 2 hal, yaitu dari pihak housekeeping dan dari pihak front office.

Dari pihak Housekeeping dilakukan hal-hal berikut :

a.     Laporan status kamar (room report).

b.    Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu.

c.  Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat / check out.

d.    Front office memberi informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera masuk / check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.

Dari pihak Front Office meliputi hal-hal berikut :

a.     Mengirimkan daftar penghunian kamar setiap pagi.

b.  Mengirimkan daftar kamar-kamar yang akan ditempati oleh tamu, meliputi tamu perorangan, tamu rombongan, atau tamu VIP.

c.  Memberitahukan kepada housekeeping mengenai kamar-kamar yang tamunya sudah check out, sehingga kamarnya dapat segera di bersihkan.

d.      Memberikan guest slip agar housekeeping tahu tamu yang baru saja check in.

e.  Memberitahukan kebutuhan tambahan untuk tamu. Misalkan, extra bed, baby box,dll.

f.      Memberitahukan perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.

g.  Jika terjadi laporan perbedaan penghuniaan kamar antara housekeeping dengan front office dan kasir front office maka dibuat room discrepancy report dan diadakan pengecekkan langsung. FO akan memeriksa kunci kamar guest slip dan registration card. Kasir akan memeriksa rekening tamu dan kartu registrasi. Housekeeping akan memeriksa langsung ke kamar tamu.

    Perbedaan status kamar dapat terjadi karena hal-hal berikut :

           1.     Tamu telah membayar rekening tetapi barang-barang dan kopernya masih ada di kamar.

            2.     Tamu belum membayar rekening tetapi sudah meninggalkan kamar.

            3.     Tamu c/i tanpa membawa koper atau barang apapun ke kamar.

            4.     Kesalahan pembuatan room report oleh pihak HK

            5.     Tamu meninggalkan hotel tanpa menyelesaikan rekeningnya.

        2.    Hubungan Housekeeping dengan Binatu ( Laundry).

a.  menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.

b.  penangganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih, cucian bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.

c.    penangganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mat, kerusakkan mesin dll. 

        3.    Hubungan Housekeeping dengan Bagian pembeliaan (Purchasing)

        Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK.                Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih, perlengkapan tamu,                 linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti formulir-formulir.

        4.    Hubungan Housekeeping dengan Bagian Engineering.

a.    Perbaikkan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.

b.    Perbaikkan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.

        5.    Hubungan Housekeeping dan security

a.  Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas  room boy dan kantor HK.

b.    Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.

        6.    Hubungan Housekeeping dengan Food & Beverage

a.    Pelayanan room service kepada tamu.

b.    Pengiriman karangan buah ( fruitstand) untuk tamu VIP.

        7.    Hubungan Housekeeping dengan Bagian Personalia

a.    Pengadaan tenaga kerja

b.    Pengangkatan pegawai.

c.    Pelatihan pegawai.

d.    Pemutusan hubungan kerja.

e.    Cuti Karyawan.

f.     Surat peringatan untuk pegawai, dan

g.    Pembayaran gaji dan lembur pegawai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKSI-SEKSI DI DALAM HOUSEKEEPING DEPARTMENT      Seperti telah diuraikan pada bab sebelumnya, untuk menunjang kelancaran tugas sehari-hari ...