Hubungan Housekeeping dengan Bagian Lain
1.
Hubungan Housekeeping dengan Front
Office.
Hubungan Housekeeping dengan Front Office dibagi menjadi 2 hal, yaitu dari pihak housekeeping dan dari pihak front office.
Dari
pihak Housekeeping dilakukan hal-hal berikut :
a.
Laporan
status kamar (room report).
b.
Laporan
mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu.
c. Laporan
mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah
tamu berangkat / check out.
d.
Front
office memberi
informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera masuk
/ check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan
kamar untuk tamu tersebut.
Dari pihak Front Office meliputi hal-hal berikut :
a. Mengirimkan
daftar penghunian kamar setiap pagi.
b. Mengirimkan
daftar kamar-kamar yang akan ditempati oleh tamu, meliputi tamu perorangan,
tamu rombongan, atau tamu VIP.
c. Memberitahukan
kepada housekeeping mengenai kamar-kamar yang tamunya
sudah check out, sehingga kamarnya dapat segera di bersihkan.
d. Memberikan guest
slip agar housekeeping tahu tamu yang baru saja check
in.
e. Memberitahukan
kebutuhan tambahan untuk tamu. Misalkan, extra bed, baby box,dll.
f.
Memberitahukan
perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
g. Jika terjadi laporan perbedaan penghuniaan kamar antara housekeeping dengan front office dan kasir front office maka dibuat room discrepancy report dan diadakan pengecekkan langsung. FO akan memeriksa kunci kamar guest slip dan registration card. Kasir akan memeriksa rekening tamu dan kartu registrasi. Housekeeping akan memeriksa langsung ke kamar tamu.
Perbedaan status kamar
dapat terjadi karena hal-hal berikut :
1.
Tamu
telah membayar rekening tetapi barang-barang dan kopernya masih ada di kamar.
2.
Tamu
belum membayar rekening tetapi sudah meninggalkan kamar.
3.
Tamu c/i tanpa
membawa koper atau barang apapun ke kamar.
4.
Kesalahan
pembuatan room report oleh pihak HK
5. Tamu meninggalkan hotel tanpa menyelesaikan rekeningnya.
2.
Hubungan Housekeeping dengan
Binatu ( Laundry).
a. menangani
masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen
yang dipakai oleh bagian HK.
b. penangganan
keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih, cucian bernoda, cucian
hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
c. penangganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mat, kerusakkan mesin dll.
3.
Hubungan Housekeeping dengan
Bagian pembeliaan (Purchasing)
Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK. Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih, perlengkapan tamu, linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti formulir-formulir.
4.
Hubungan Housekeeping dengan
Bagian Engineering.
a.
Perbaikkan
dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.
b. Perbaikkan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
5.
Hubungan Housekeeping dan security
a. Pengawasan
oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat
tugas room boy dan kantor HK.
b. Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
6.
Hubungan Housekeeping dengan Food
& Beverage
a. Pelayanan room service kepada
tamu.
b. Pengiriman karangan buah ( fruitstand) untuk tamu VIP.
7.
Hubungan Housekeeping dengan
Bagian Personalia
a. Pengadaan tenaga kerja
b. Pengangkatan pegawai.
c. Pelatihan pegawai.
d. Pemutusan hubungan kerja.
e. Cuti Karyawan.
f. Surat peringatan untuk pegawai, dan
g. Pembayaran gaji dan lembur pegawai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar