Selasa, 09 November 2021

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE Room Attendant

 

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
Room Attendant


1.Memeriksa dan menghitung jumlah kamar yang akan di bersihkan

    2.Mengisi muatan trolley dengan linen dan guest supplies sesuai dengan kebutuhan jumlah kamar yang dibersihkan.

    3.Mengisi trolley dengan linen yang di mulai dari bawah keatas.

    4.Menempatkan linen seperti bed pad,sheet,Sarung bantal di bagian bawah trolley.

    5.Menempatkan towels,face towel,dan hand towel di bagian tengah trolley.

    6.Meletakan Guest Supplies dan Guest Amenities pada bagian atas trolley.

    7.Melengkapi hand caddy dengan alat-alat kebersihan dan bahan-bahan pembersih Dan di letakan di bagian atas trolley.

    8.Meletakan Broom,dust pan dan alat pel d samping trolley.

Memasuki Kamar Tamu

    1.Memeriksa status kamar berdasarkan Lembar Kerja yang sudah disertai daftar nama tamu kamar.

    2.Memeriksa dan membaca tanda peringatan pintu kamar tamu sebelum mengetuk pintu kamar tamu Jika terpasang di handle pintu

    3.Mengetuk pintu tiga kali dengan sopan dengan menyebutkan identitas diri misalnya ”housekeeping”.tidak di benarkan mengetuk pintu dengan kunci kamar.

    4.Jangan langsung masuk kamar tamu melainkan menunggu respon tamu dari dalam,jika tidak ada  jawaban dari dalam kamar tetap masuk secara perlahan sambil menyebutkan identitas diri ”…..housekeeping……”.

    5.Jika tamu masih tidur atau berada di kamar mandi, tutup pintu kamar kembali perlahan.

    6.Apabila tamu merespon dari dalam kamar segera sebutkan identitas diri anda dan menawarkan pembersihan kamar.

    7.Apabila tamu tidak ada di tempat bersihkan kamar tamu dengan menempatkan trolley di depan pintu kamar dengan pintu kamar terbuka,setelah itu bersihkan kamar tamu tersebut.

    8.Apabila tamu kembali kekamar pada saat kamar sedang dibersihkan, jangan membiarkan tamu langsung masuk kekamar,tutup pintu kamar terlebih dahulu setelah itu minta tamu untuk membuka pintu menggunakkan kartu/kunci tamu tersebut.

Membersihkan kamar tamu

1.Nyalakan semua lampu yang ada dikamar untuk mengecek apakah ada lampu yang putus/mati.

2.Buka Gorden.

3.Buka jendela.

4.Cek AC apakah berfungsi dengan baik setelah itu di set temperature menurut ukuran standar.

5.Cek secara menyeluruh kondisi kamar:

- Mengecek apakah ada barang yang hilang.

- Laporkan kepada Supervisor jika ada perangkat/barang yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

6.Kosongkan tempat sampah yang ada di dalam kamar.

7.Untuk kamar Check Out,jika ada barang tamu tertinggal segera laporkan ke front office dan order taker Housekeeping.

Merapihkan tempat tidur

1.Pindahkan barang- barang yang ada di atas tempat tidur terlebih dahulu.

2.Tanggalkan sheet,sarung bantal dan duvet yang kotor.

3.Periksa matras dari noda dan kerusakan.

4.Laporkan kepada Supervisor jika ada noda dan kerusakkan pada matras.

5.Ganti matras jika diperlukan.

6.Letakkan bed sheet dibagian tengah sehingga seluruh bagiannya bagianya seimbang.

7.Lipat bagian atas dengan lipatan berbentuk segitiga atau belah ketupat.

8.Angkat ujung matras sedikit.

9.Masukkan lipatan bed sheet pada bagian dalam matras di setiap sisinya.

10.Pastikan semua bagian yang telah rapi.

11.Masukan duvet inner ke dalam duvet cover.

12.Letakan duvet dengan rapi/seimbang.

13.Lipat ¾ bagian atas duvet ke arah bawah bed.

14.Letakkan pillows.

Membersihkan debu

1.Siapkan cleaning cloth yang sudah dilipat Siapkan cleaning cloth yang sudah dilipat.

2.Tuangkan chemical ke cleaning cloth.

3.Dusting mulai dari pintu masuk berurutan searah jarum jam.

4.Dusting dilakukan dari bagian paling atas berlanjut hingga bagian paling bawah.

5.Jika ditemukan noda yang agak sulit dianjurkan untuk menggunakan chemical.

6.Jika cloth kotor, maka harus ditukar lipatannya dengan bagian yang masih bersih. 

Vacuuming

1.Periksa vacuum sebelum digunakan.

2.Bersihkan filter dari vacuum.

3.Buka gulungan kabel pada dry vacuum.

4.Masukkan kabel power ke plug listrik yang tersedia.

5.Tekan tombol on pada dry vacuum.

6.Pegang vacuum steak secara hati hati.

7.Vacuum karpet dari arah yang paling jauh / bagian pojok ruangan.

8.Gunakan nozzle pada area yang sulit dibersihkan sengan stick brushnya.

9.Vacum dengan benar dari arah depan kearah belakang.

10.Matikan mesin vacuum bila telah selesai.

11.Gulung kabel power dengan rapi.

 

Membersihkan kamar mandi

1.Flusher toilet bowl

2.Tuangkan chemical pada toilet bowl

3.Cuci gelas dengan menggunakan Sponge dan Multi Pupose cleaner.

4.Keringkan gelas dengan menggunakan glass cloth .

5.Cuci wash basin dengan menggunakan chemical

6.Cuci dinding kamar mandi ,sebelunnya disiram dahulu dengan air kemudian dikeringkan.

7.Bersihkan soap & shampoo dispenser.

8.Cuci toilet bowl dengan menggunakan toilet bowl brush.

9.Periksa hand shower dan bersihkan floor drainage.

10.Keringkan toilet bowl mulai dari bagian luar kebagian dalam.

11.Bersihkan washbasin mirror.

12.Keringkan bagian dalam wash basin dan bersihkan vanity counter

13.Bersihkan pintu bath room dengan menggunakan dust cloth.

14.Bersihkan dan keringkan lantai bathroom dengan menggunakan hand brush & cleaning cloth.

15.Lengkapi bathroom amenities.

16.Lengkapi towels.

17.Periksa ulang hasil pekerjaan di bathroom.

PENGECEKAN KAMAR (SUPERVISOR )

Mengecek kamar tamu

1.Mengecek kamar sesuai dengan arah jarum jam, dimulai dari pintu masuk kamar.

2.Memastikan apakah semua Guest Supplies dan Guest amenities  sudah lengkap dan sudah di set sesuai dengan standar.

3.Memastikan tidak ada area yang masih kotor di dalam kamar.

4.Memastikan tidak ada cleaning supplies milik Room Attendant yang tertinggal di kamar.

5.Memastikan aroma didalam kamar tamu tidak berbau, jika diperlukan gunakkan pengharum ruangan.

6.Memastikan semua peralatan dikamar berfungsi dengan baik (TV,RemoteTV,AC,Remote AC,Kettle Jug,lampu-lampu).

7.Keluar dari kamar tamu, tutup pintu dan pastikan pintu kamar tertutup dengan benar dan sudah kembali terkunci.

8.Update status di Supervisor worksheet dan infokan ke Order taker untuk merubah status kamar.

Inspeksi kamar tamu : ruang tidur

1.Mengecek pintu masuk kamar :

- Cek jika kerusakan atau debu pada permukaan pintu.

- Cek apakah tanda privacy please dan tanda maid service tergantung di pegangan pintu bagian dalam.

- Cek apakah kunci,pegangan pintu,pengganjal pintu berfungsi dengan baik.

2. Mengecek kondisi dan kebersihan saklar lampu dan dinding di sekitar saklar lampu.

3. Mengecek plafon, dinding, list kayu untuk mengetahui jika ada kerusakan, kotor atau debu.

4.  Mengecek gorden untuk mengetahui jika ada noda atau kerusakan, cek juga apakah semua pengait gorden sudah terpasang dan tidak ada yang terlepas.

5. Mengecek jendela dan kaca jendela untuk mengetahui apakah ada keretakkan/kotoran di kaca,cek juga apakah jendela bisa tertutup kunci jendela berfungsi dengan baik.

6.  Pastikan AC berfungsi  dengan baik ,tidak ada kotoran atau debu dan temperaturnya sudah di set sesuai dengan standar.

7.  Pastikan telepon berfungsi dengan baik dan tidak kotor.

8.  Cek tempat tidur :

- Pastikan linen yang terpasang bersih tidak ada noda atau kerusakan.

- Mengecek kondisi linen yang terpasang kencang dan tidak ada kerut.

- Pastikan tidak ada debu di headboard.

- Pastikan tidak ada debu atau sampah dibawah tempat tidur.

9.  Mengecek semua furniture, pastikan tidak ada debu dan kerusakkan.

10.Mengecek semua lampu, pastikan semua lampu menyala.

11.Mengecek TV dan pastikan tv berfungsi dengan baik dan tidak ada debu.

12.Mengecek kondisi lantai, pastikan lantai bersih dan mengkilap.

13.Mengecek kondisi lemari, pastikan tidak ada debu dan gantungan baju sudah sesuai jumlahnya.

14.Mengecek kondisi cermin dan pastikan tidak ada debu atau keretakkan.

15.Mengecek semua perlengkapan dan pastikan sudah di set up.

16.Melakukan pengecekan ulang yang terakhir, pastikan semua perlengkapan di kamar sudah di set up sesuai jumlah dan posisinya, dan pastikan juga semua area sudah bersih, tidak ada debu, kotoran dan berbau.

17.Melaporkan jika ada kerusakan ke department yang bersangkutan untuk dapat ditindaklanjuti.

Inspeksi kamar tamu : kamar mandi

1.Mengecek pintu kamar mandi, pastikan tidak ada debu atau kerusakkan pada permukaan pintu.

2.Mengecek plafon, dinding, lantai kamar mandi, pastikan tidak ada kerusakkan atau kotoran.

3.Pastikan kipas ventilasi berfungsi dengan baik, tidak ada debu/kotoran.

4.Mengecek area shower :

- Pastikan shower berfungsi dengan baik, tidak ada kebocoran.

Pastikan drainase berfungsi dengan baik, tidak ada lumut,kotoran dan rambut.

- Mengecek dinding keramik di area shower, pastikan tidak ada keretakkan dan tidak kotor.

5.Mengecek area washbasin :

- Pastikan area counter washbasin bersih, tidak ada sisa sabun dan rambut.

- Pastikan cermin bersih tidak ada keretakkan dan kotoran.

- Pastikan tidak ada kebocoran di washbasin.

6.Mengecek kebersihan toilet bowl, pastikan tombol flusher berfungsi dengan baik.

7.Mengecek lantai area kamar mandi, pastikan tidak ada kotoran, sisa sabun dan rambut.

8.Pastikan handuk mandi, handuk tangan, handuk muka dalam kondisi bersih dan sudah di setup sesuai dengan standar.

9.Pastikan tisu roll dan tisu muka sudah di setup sesuai dengan standar.

10.Pastikan semua bathroom aminities sudah lengkap dan di setup sesuai dengan standar.

11.Melakukan pengecekan ulang yang terakhir, pastikan semua perlengkapan di kamar sudah di set up sesuai jumlah dan posisinya, dan pastikan juga semua area sudah bersih, tidak ada debu, kotoran dan berbau.

12.Melaporkan jika ada kerusakan ke department yang bersangkutan untuk dapat ditindaklanjuti.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKSI-SEKSI DI DALAM HOUSEKEEPING DEPARTMENT      Seperti telah diuraikan pada bab sebelumnya, untuk menunjang kelancaran tugas sehari-hari ...